Ada Perbudakan Modern di Medan

Laporan Wartawan Tribun Medan, Liston Damanik

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait segera mendatangi keluarga Alice Sumampow yang dituduh memperbudak empat orang anak.

Rencana ini disampaikannya saat berkunjung ke kantor Kelompok Kerja Perlindungan Anak Sumut, Jalan Pelajar, Jumat (26/7/2013).

"Saya sudah berkomunikasi dengan kerabat Alice Sumampow. Seharusnya hari ini (Jumat) saya bisa melihat anak-anak itu. Tapi ternyata batal karena keluarga Sumampow sedang keluar kota. Akhirnya pertemuan dijadwal ulang menjadi Minggu (28/7/2013)," kata Arist.

Menurutnya, kondisi yang dialami Merry (16 tahun), Tin Tin (16), July (11), dan Juni (11) bisa dimasukkan dalam kategori perbudakan anak karena dengan status yang tidak jelas karena tanpa akta Kelahiran atau surat adopsi, keempat anak perempuan ini dipekerjakan tanpa diberikan hak-hak asasinya.

"Ini adalah perbudakan modern. Mereka tidak memiliki surat-surat identitas yang menegaskan posisi mereka dalam keluarga itu dan dipekerjakan tanpa diberikan hak-haknya seperti pendidikan dan kesempatan untuk bersosialisasi dengan lingkungan. Selain itu kondisi kesehatan mereka juga tidak baik," katanya.

Kelompok Kerja Perlindungan Anak Sumut pada akhir Juni lalu melaporkan adanya dugaan perbudakan di sebuah rumah mewah di Jalan Samanhudi No 7 A, Medan Maimun. Pokja juga telah bertandang ke rumah milik pasangan dr Halim-Alice Sumampow dan melihat empat anak perempuan yang diduga menjadi korban eksploitasi.

Pada 27 Juni lalu, Koordinator Kelompok Kerja Perlindungan Anak Sumut Oberlin Charles Tambunan telah melaporkan kondisi ini ke Polsek Medan Kota yang mencatatnya sebagai kasus diskriminasi dan penelantaran anak dengan mengacu pada Pasal 77 UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Tapi sampai saat ini belum ada perkembangannya. Sebagai pelapor saya juga belum dipanggil," katanya. (ton/tribun-medan.com)

Baca Juga:

LPSK Telusuri Jumlah Kerugian Korban Perbudakan Buruh Panci

LPSK Telusuri Jumlah Kerugian Korban Perbudakan di Tangerang

Perbudakan Buruh, DPR Panggil Menakertrans Selasa Depan


http://id.berita.yahoo.com/ada-perbudakan-modern-di-medan-114329073.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger