E-Counting Hindari Kecurangan Penghitungan Suara

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kalau KPU dan KPUD sejak proses rekruitmen sudah diragukan, ditambah intervensi partai dan birokrasi dengan kekuasaannya dalam proses pemilu untuk memenangkan calonnya masing-masing, maka sulit berharap ada pemilu yang bersih.

"Akibat intervensi berbagai pihak menjadikan KPU rawan politik uang, dan tak akan menghasilkan pemilu yang bersih," kata anggota DPR RI dari FPG Tb. Ace Hasan Syadzily dalam talk show bersama anggota DPD RI Alirman Sori di Gedung DPD RI Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Menurut Ace Hasan, KPU, dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu harus bekerja sama dengan masyarakat dan LSM jika benar-benar ingin menghasilkan pemilu yang bersih, dan bebas intervensi pihak manapun.

"Faktanya jika penyelenggara pemilu sulit independen karena sering terjadi kongkalikong dengan birokrasi kekuasaan, maka kita harapkan Bawaslu mampu melakukan pengawasan yang ketat bersama dengan masyarakat," ujarnya.

Sedangkan untuk pengamanan suara pemilu dari TPS, PPK, KPUD sampai KPU Pusat, Ace Hasan mengusulkan agar KPU membuat aturan suara formulir C-1 di TPS bisa langsung dikirimkan ke KPU Pusat melalui sistem E-Counting atau IT (informasi teknologi).

"Saya kira KPU bisa buat aturan ini untuk mencegah terjadinya berbagai kecurangan hilangnya suara seperti yang terjadi selama ini," kata anggota DPR dari Banten ini.

Alirman menilai sulit berharap KPU independen, selama proses rekruitmennya juga tak independen. Ditambah lagi gaji dan tunjangannya belum memadai, maka selama kesejahteraannya tidak terpenuhi, sulit berharap KPUD bisa bekerja profesional.

"Apalagi Panwaslu lapangan belum terbentuk, meski sudah ada aturannya. DKPP pun tak akan maksimal menjalankan tugasnya selama KPU, Bawaslu, birokrasi, dan parpol juga tak profesional," katanya.

Baca Juga:

Golkar Bidik Mahfud Dampingi Aburizal Bakrie

Bawaslu Siap Turunkan Spanduk Kampanye Caleg

Bawaslu Papua: Banyak Kendala Sampai DPS Belum Diumumkan


http://id.berita.yahoo.com/e-counting-hindari-kecurangan-penghitungan-suara-133034198.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger