Legislator FPDIP: Jokowi "Nyapres" Tergantung Megawati

Jakarta (Antara) - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Helmy Fauzi mengatakan, peluang Joko Widodo untuk ambil bagian berkompetisi dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2014 tergantung Ketua Umum PDIP Megawati.

"Keputusan mengenai Joko Widodo ikut pilpres atau tidak, PDIP menyerahkannya kepada Megawati. Selain itu, kami melihat bahwa Jokowi harus fokus bekerja sebagai Gubernur Jakarta," kata Helmy seusai menjadi pembicara diskusi yang diadakan Pro Demokrasi di kawasan Tebet, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi masih memiliki mandat rakyat sebagai gubernur. Kecuali rakyat menginginkannya maju dalam bursa pilpres maka tidak akan ada yang menahan Jokowi untuk berkompetisi menjadi presiden.

Sejumlah lembaga survei menempatkan Jokowi dalam posisi tertinggi tidak lantas membuat PDIP tergesa-gesa menentukan figur yang akan maju di pilpres tahun depan.

"Pasti kemudian jajaran PDIP akan mendengarkan segala aspirasi rakyat salah satunya hasil survei. Khusus untuk survei, itu adalah salah satu indikasi bagi kami tapi kami juga mempertimbangkan suasana kebatinan rakyat apakah banyak yang menginginkannya maju dalam pilpres," kata dia.

Suara kebatinan rakyat yang dimaksud adalah aspirasi yang disuarakan oleh elemen masyarakat Indonesia. Mereka bisa berasal dari kalangan ulama, LSM dan politisi sendiri.

"Pasti akan muncul nama yang menjawab kerinduan rakyat akan seorang pemimpin yang otentik. Dan hal itu bisa saja mengarah kepada Jokowi," katanya.

Menurutnya, segala sesuatunya bisa saja terjadi termasuk apabila Megawati dan Jokowi maju dalam satu paket pasangan capres-cawapres. Setidaknya langkah itu bisa dilakukan dalam konteks alih regenerasi tokoh dalam tubuh partai agar kekuatan politik lebih solid dan berkelanjutan.

Helmy berkeyakinan Jokowi tidak akan menyeberang ke kendaraan politik lain misalnya mengikuti konvesi yang digelar oleh partai di luar PDIP.

"Memang politik itu ibarat seni yang dinamis. Tetapi saya melihat Jokowi adalah kader PDIP yang setia dan patuh pada partai," katanya. (ar)


http://id.berita.yahoo.com/legislator-fpdip-jokowi-nyapres-tergantung-megawati-153615969.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger