Mahfud MD Dukung Kerja Sosial Bagi Pelaku Tipiring

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usulan Wakil Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, akrab disapa Ahok, dengan diberlakukannya kerja sosial untuk pelaku pidana ringan terhadap peraturan daerah mendapat apresiasi, salah satunya datang dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

"Saya setuju. Itu memungkinkan saja secara teoritis. Misalnya, orang mencuri kecil-kecilan karena terpaksa, mabok di tengah jalan enggak perlu di penjara. Karena penjara sudah penuh dan saya setuju dengan Ahok," ujar Mahfud usai diskusi di LIPI, Jakarta Selatan, Senin (30/9/2013).

Menurutnya, usulan Ahok sangat pas saat ini. Pasalnya ada momentum memasukkan sanksi kerja sosial bagi pelanggar tipiring menyusul langkah Komisi III DPR RI yang sedang membahas undang-undang perubahan KUHP yang baru.

"Ada momentumnya sekarang. Rancangan undang-undang hukum pidana yang baru sedang dibahas di DPR. Sehingga Ahok bisa memasukkan suaranya di situ dan kita bisa suarakan sama-sama juga. Itu yang saya sebut restorative justice," ujarnya.

Mahfud berpandangan, cara-cara seperti ini bisa diambil dan bersumber dari akar hukum Indonesia. Di mana sebenarnya, hal-hal ringan yang bisa diselesaikan, seharusnya tidak perlu dipenjara, tapi diselesaikan secara kekeluargaan.

Sebelumnya, Ahok mengusulkan agar pelaku tindak pidana ringan dikenakan cukup lewat sanksi kerja sosial. "Hukuman sosial itu kan mesti ngomong sama pengadilan, sama jaksa, soalnya peraturan UU kita nggak pernah ada hukuman sosial," kata Ahok.

Ia mencontohkan, sanksi berupa kerja sosial seperti membersihkan sampah di jalanan, kali, bisa diberikan bagi pelaku perusakan fasilitas umum, mencoret-coret dinding kota, dan lain sebagainya. Kalau semua pelaku dikenakan sanksi penjara, maka akan penuh.

Baca Juga:

Mahfud MD Dukung Kerja Sosial Bagi Pelaku Tipiring

Bendahara Umum PKB Beberkan Kronologis Insiden Toilet

Pengusaha Jasa Internet Mulai Kawatir Jadi Tersangka


http://id.berita.yahoo.com/mahfud-md-dukung-kerja-sosial-bagi-pelaku-tipiring-081835564.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger