Survei: 50 Persen Publik Nilai Citra Anggota DPR Tidak Baik

TRIBUNNEWS.COM -  Publik menilai buruk citra, kinerja dan moral anggota Dewan Perwakilan Rakyat 2009-2014. Hal itu sebagaimana hasil survei yang dirilis Institut Riset Indonesia.

Menurut survei yang digelar dari 17 Agustus hingga 20 September tersebut mencatat responden yang mejawab citra DPR tidak baik sebanyak 38,5 persen dan semakin tidak baik mencapai 26,1 persen. Sementara responden yang menyatakan baik sebanyak 29,2 persen dan semakin baik 1,9 persen. Sedangkan yang tidak menjawab sebanyak 4,3 persen.

"Bila diagregatkan, maka publik menilai citra DPR tidak baik di atas 50 persen. Ini membahayakan bagi wajah parlemen Indonesia masa kin dan mendatang," kata Peneliti Insis, Mochtar W Oetomo di Hotel Century, Jakarta, Minggu (29/9/2013).

Mochtar menyatakan pihaknya juga merilis penilaian responden yang menyatakan ketidakkepuasannya atas kinerja dan moral anggota DPR.

Hasilnya, sebanyak 55,3 persen publik menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas dengan kapasitas anggota DPR.  Sedangkan 79,5 persen publik tidak puas dan sangat tidak puas dengan moral anggota DPR.

"81,4 persen publik menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas terhadap komitmen pemberantasan korupsi. Lalu, sebanyak 78,3 persen menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas soal kehadiran anggota DPR," kata Mochtar.

Adapun soal kinerja anggota dewan, kata Mochtar, 77 persen publik menilai tidak baik dan semakin tidak baik. Sedangkan, 48,5 persen tidak puas dan sangat tidak puas terhadap anggota dewan dalam membahas APBN, serta 59,6 persen tidak puas dan sangat tidak puas dalam kinerja dalam pengawasan Undang-Undang dan APBN.

"73,9 persen tidak puas dan sangat tidak puas dalam menyerap keluhan masyarakat sementara 60,9 persen tidak puas dan sangat tidak puas kinerja DPR dalam memberikan pendapat atau masukan kepada pemerintah," kata Mochtar.

Insis mengkalim survei ini dilakukan pada 17 Agustus hingga 20 September 2013 di 34 provinsi dengan menggunakan metodologi rambang berjenjang.

Jumlah responden mencapai 1.070 orang, dengan margin of error 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. "Pengimpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner," kata Mochtar.

Baca Juga:

Survei: 50 Persen Publik Nilai Citra Anggota DPR Tidak Baik

JK Bilang Terima Kasih Soal Wacana Disandingkan Dengan Jokowi

Hari Terakhir IIMS 2013, JIEXPO Kemayoran Masih Disesaki Pengunjung


http://id.berita.yahoo.com/survei-50-persen-publik-nilai-citra-anggota-dpr-084302832.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger