DPR: Kasus Akil Genapi Pandangan Korupsi Terjadi di Seluruh Lini Institusi

Tribunnews.com, JAKARTA-- Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo menegaskan Operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dan sejumlah orang lainnya merupakan tamparan keras bagi semangat penegakan hukum di negara ini.

Bambang sendiri kaget hampir tidak percaya. Karena sosok Akil adalah salah satu tokoh yang dikaguminya selama ini.

Politisi Golkar ini khawatir kasus ini bisa membunuh optimisme bersama mewujudkan Indonesia negara hukum, karena MK sebagai penjaga konstitusi pun sudah jebol oleh uang suap.
 
"Apa yang terjadi pada MK benar-benar memprihatinkan. Dalam konteks korupsi di Indonesia, kasus ini menggenapi pandangan bahwa korupsi di negara ini terjadi di seluruh lini institusi negara. Publik akan berpandangan bahwa tidak salah jika pengamat lokal maupun asing menilai Indonesia sebagai salah satu negara dengan praktik korupsi paling marak di dunia," ujarnya kepada Tribunnews.com, Jumat (4/10/2013).
 
Dia pun mengaku sangat cemas dengan perubahan persepsi publik mengenai masa depan penegakan hukum di negara ini. Kalau hakim konstitusi pun sudah goyah menghadapi uang suap, benteng keadilan mana lagi yang masih bisa diandalkan pencari keadilan di negara ini?

Lanjut dia, pesimisme seperti ini sebenarnya telah berkembang di ruang publik sejak sejumlah oknum dari institusi penegak hukum, termasuk oknum hakim, terjaring kasus suap atau korupsi.

Karena itu, imbuhnya, bukan pekerjaan mudah untuk merubah pesimisme itu menjadi optimisme. Karena tidak ada yang tahu kapan negara ini bisa mereduksi perilaku korup para oknum birokrat.

"Saya hanya berharap dari peristiwa ini akan tumbuh efek jera di kalangan pejabat tinggi negara," ungkap Bambang Soesatyo.

Baca Juga:

Polisi-KPK Koordinasi Soal Narkoba di Ruang Kerja Akil

Mahfud MD: Penangkapan Akil Mochtar Malapetaka Nasional

Tubagus Wawan Dapat Kiriman Surat dari Kantor Pajak


http://id.berita.yahoo.com/dpr-kasus-akil-genapi-pandangan-korupsi-terjadi-di-060237314.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger