Gerindra Curiga Kerja Sama KPU dengan Lamsaneg

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menandatangani kerjasama (MoU) dengan Lembaga Sandi negara (Lemsaneg) terkait pengamanan data Pemilu.

Wakil Ketua DPP Partai Gerindra Fadli Zon menganggap hal ini ironis. KPU, kata Fadli tak pernah mengkonsultasikan hal ini kepada DPR.

"Seharusnya, untuk hal penting seperti ini, KPU berkonsultasi terlebih dahulu kepada DPR dan mendengar masukan dari berbagai pihak," ujarnya dalam pernyataan tertulis yang diterima Tribunnews.com, Sabtu (5/9/2013).

KPU beralasan, kerjasama tersebut dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraaan Pemilu 2014, terutama dalam hal penyajian data dan informasi data.

"Adalah alasan yang kurang berdasar dan mengundang mencurigakan," Fadli menegaskan.

Dalam MoU tersebut, Lemsaneg berperan untuk pengamanan sistem informasi dalam penyelenggaraan pemilu, salah satunya melakukan penjagaan dari sisi teknologi (IT).

Dikatakan, penyajian data dan informasi, terutama terkait hasil Pemilu harus dilakukan secara transparan dan dapat diakses semudah mungkin oleh publik, agar tak terjadi kecurangan dalam Pemilu.

Sementara itu, Kepala Lemsaneg, Fadli mengingatkan,  diangkat dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Proses pemilihan dan pengangkatannya pun tak melalui persetujuan DPR. Tak ada mekanisme check n balances sebagaimana dalam pemilihan dan pengangkatan Kapolri ataupun Panglima TNI.

"Disisi lain, Presiden saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum, Ketua Dewan Pembina, dan beberapa posisi lain di salah satu partai politik. Sehingga, kerjasama antara KPU dengan Lemsaneg bisa menimbulkan konflik kepentingan, menganggu netralitas. Sebaiknya, kerjasama ini segera dibatalkan," tegasnya lagi.

KPU, kata Fadli lagi,  seharusnya melakukan kerjasama dengan lembaga yang lebih independen. "Dengan demikian, kita dapat mengharapkan proses penyelenggaraan Pemilu 2014 dapat berlangsung dengan baik," ujarnya.

Tanpa adanya kecurangan ataupun permainan skenario dari pihak tertentu. "Yang ingin memenangkan Pemilu dengan cara yang kotor," pungkas Fadli Zon.

Baca Juga:

Lemsaneg Tegaskan Tidak Akan Diintervensi Presiden

Koalisi Partai Islam Dinilai Masih Sebatas Wacana

Komisi I Panggil Lemsaneg Jelaskan Kerjasama dengan KPU


http://id.berita.yahoo.com/gerindra-curiga-kerja-sama-kpu-dengan-lamsaneg-020140222.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger