Insinyur Indonesia Terbaik di Asia Tenggara  

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum, Hediyanto W. Husaini, mengatakan Indonesia memiliki insinyur ahli konstruksi yang paling unggul jika dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Banyaknya proyek konstruksi di Indonesia melatih kemampuan para insinyur sehingga kemampuannya benar-benar teruji. "Ini peluang bagi Indonesia pada era masyarakat ekonomi ASEAN 2015," kata dia kepada Tempo, Selasa, 29 Oktober 2013.

Para insinyur Indonesia, kata Hediyanto, terbiasa membangun pelabuhan, jalan, gedung, dan proyek konstruksi canggih lainnya. Bukti keunggulan Indonesia pun terlihat dari banyaknya perusahaan konstruksi nasional yang menggarap proyek di luar negeri. "Waskita Karya, Adhi Karya dan perusahaan lain berperan aktif dalam pembangunan konstruksi di Myanmar, Filipina, Vietnam, Malaysia, hingga Arab Saudi," ujarnya.

Namun, Hediyanto menyebut satu hal yang menjadi kelemahan tenaga ahli Indonesia, yakni sertifikasi. Dari 1.000 insinyur, hingga saat ini hanya 200 orang yang sudah memiliki sertifikat di level ASEAN. Sertifikat ini penting karena menjadi syarat utama dari satu negara untuk mempekerjakan tenaga asing.

Di samping tenaga ahli, Indonesia juga memiliki peluang lain untuk menguasai pasar konstruksi ASEAN. Hediyanto mengatakan peluang itu muncul setelah banyak produsen alat-alat berat dan perangkat berteknologi tinggi yang menanamkan modal di Indonesia. Setiap tahun, kata dia, Indonesia mendatangkan 10 ribu alat konstruksi. Angka ini lebih besar ketimbang Malaysia (2 ribu unit) dan Australia (4 ribu unit). "Meski alatnya diimpor, operatornya adalah orang Indonesia."

APRILIANI GITA FITRIA

Nasihat MUI buat FPI dan Jokowi Soal Lurah Susan  

Satu Ekor Kuda Prabowo Seharga Rp 3 Miliar

Mahasiswa Kupang Tolak FPI dan Hizbut Tahrir  

Rapat DPR Semalam, Jokowi 'Dibantai' Soal Ria Rio  

Dua Lurah Diincar FPI, Wali Kota Jaksel Waspada  

Ahok: Indonesia Butuh Pemimpin yang Bisa Perang

Bajak Laut Somalia Takut Lagu Britney Spears  

Para Politikus Ini Dapat Mobil dari Suami Airin  


http://id.berita.yahoo.com/insinyur-indonesia-terbaik-di-asia-tenggara-100436569--finance.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger