Intelijen Amerika Serikat Sudah Terlibat Sejak Indonesia Merdeka

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar adanya alat sadap di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mencuat ke publik. Hal itu pun mendapatkan reaksi dari kalangan DPR RI.

Politisi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari mengaku tidak kaget dengan isu tersebut. Sebab, AS diketahui telah menyadap negara-negara sekutunya seperti Jerman, Perancis dan Eropa yang tidak memiliki ketergantungan besar kepada negara adidaya itu.

"Yang tidak ada ketergantungan AS berani melakukannya kenapa tidak ke negara satelit seperti Indonesia yang ketergantungan kita tinggi melalui segala bantuan-bantuan yang diberikan," kata Eva ketika dihubungi, Rabu (30/10/2013).

Eva mengutip studi Cornel University dimana keterlibatan Amerika sejak RI merdeka sudah besar.  Studi tersebut memperlihatkan data-data yang disimpan oleh intelijen termasuk pelengseran Presiden RI Soekarno.

"Jadi sekarang hanya kelanjutan saja, dari keterlibatan sejak dulu. Jangan lupa, ada kerjasama dengan pejabat-pejabat kita lho," imbuhnya.

Ia mencontohkan dalam buku yang ditulis Kwik Kian Gie terkait proses pengambilan keputusan untuk penjualan BCA dan BLBI. Para birokrat tingkat tinggi di Kemenkeu dan BI, ujar Eva, selalu berhubungan dengan Washington DC.

"Artinya, beda dengan di Eropa yang merasa dicurangi, di sini kasat mata. Tegasnya, kita membiarkan dan malah bekerjasama dengan intelijen asing. Jadi ada problem mental kolaborator di kita," tutur Anggota Komisi III itu.

Ia menduga penyadapan tidak saja dilakukan oleh Amerika Serikat tetapi negara lainnya. "Ada info kok, mereka biasa beli informasi A1 dari aparat kita kok. Gampang disuap katanya," tukasnya.

Baca Juga:

Intelijen Amerika Serikat Sudah Terlibat Sejak Indonesia Merdeka

23 Pengprov PTMSI Ikut Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub)

Media Center Edhie Wibowo 55 Berbagi Tempat dengan Kantor Setgab


http://id.berita.yahoo.com/intelijen-amerika-serikat-sudah-terlibat-sejak-indonesia-merdeka-120612366.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger