Mahfud MD: Sumber Korupsi itu DPR dan Birokrasi

TEMPO.CO, Jakarta--Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan saat ini terjadi saling sandera pelaku korupsi di berbagai bidang. Namun, Mahfud mengatakan sumber korupsi sejatinya adalah di Dewan Perwakilan Rakyat dan birokrasi.

"DPR menentukan anggaran sampai satuan tiga," kata Mahfud dalam dialog di Kompas TV, Rabu, 30 Oktober 2013. Mahfud mengatakan, korupsi sudah terjadi sejak di hulu. Penentuan anggaran hingga satuan tiga menyebabkan anggota Dewan mengetahui jenis anggaran termasuk bentuk proyeknya.

Dia juga mengatakan, pengadilan yang seharusnya menjadi penegak hukum justru terlibat korupsi. Mahfud mengatakan, pada masa Orde Baru korupsi hanya terjadi di hilir. Tetapi saat ini, korupsi sudah dimulai di hulu. Karena itu, Mahfud mengatakan, sistem yang ada mesti diperbaiki.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, ada sejumlah cara untuk mencegah korupsi. Misalnya, penegak hukum yang tegas, kesadaran masyarakat untuk tak terlibat hingga sistem hukum yang baik. "Termasuk keteladanan pemimpin," kata dia.

WAYAN AGUS PURNOMO

Berita populer:

Detik-detik Menegangkan Penangkapan Heru

Dinasihati MUI Soal Lurah Susan, Ini Jawab FPI

Pengedar Foto Bugil Polwan Lampung Mantan Pacar

Istri Heru Sulastyono Jabat Wakil Bupati Wonosobo


http://id.berita.yahoo.com/mahfud-md-sumber-korupsi-itu-dpr-dan-birokrasi-153817030.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger