Pengacara: Hukuman Terhadap Sutiyoso Menghancurkan Demokrasi

Semarang (Antara) - Penasihat hukum Ketua Umum PKPI Sutiyoso, Susilo Lestari mengatakan, ancaman hukuman penjara terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta dalam kasus dugaan pelanggaran kampanye Pemilu akan berdampak terhadap kehancuran demokrasi.

"Jika Ketua Umum PKPI dijerat secara pidana dengan Undang-Undang Pemilu, menjelang pelaksanaan pesta demokrasi 2014, maka hal itu akan berdampak dahsyat terhadap kehancuran berdemokrasi," kata Susilo saat menyampaikan pembelaan Sutiyoso atas tuntutan Jaksa dalam sidang di Pengadilan Negeri Semarang, Selasa.

Sebelumnya, Sutiyoso dituntut hukuman sebulan penjara dengan masa percobaan dua bulan serta dengan Rp5 juta.

Sutiyoso dinilai melanggar kampanye Pemilu di luar jadwal sesuai pasal 276 Undang-Undang Nomor X tahun 2012 tentang pemilihan anggota DPR, DPR, dan DPRD.

Menurut penasihat hukum Sutiyoso, kegiatan halal bihalal PKPI yang digelar pada 1 September 2013 di Gunungpati Semarang bukan masuk dalam kategori kampanye.

"Berdasarkan keterangan ahli hukum pidana Edward Omar Syarief, halal bihalal bukan masuk dalam kategori kampanye," katanya dalam sidang yang dipimpin hakim ketua Fahtul Bahri.

Oleh karena itu, lanjut dia, penasihat hukum meminta majelis hakim membebaskan terdakwa dari segala hukuman dan merehabilitasi nama baikknya.

Sidang akan dilanjutkan pada Rabu (30/10) dengan agenda penyampaikan putusan.(rr)


http://id.berita.yahoo.com/pengacara-hukuman-terhadap-sutiyoso-menghancurkan-demokrasi-064058978.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger