Adolf Hitler Pelopor Penggunaan Intelijen Serang Negara Lain

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin NAZI Adolf Hitler tenyata pelopor penggunaan cara non militer untuk menaklukkan suatu negara. Adolf menggunakan agen-agen intelijen dalam menyerang negara lain.

"Adof Hitler berhasil membangun kekuatan yang berpihak kepada negaranya," kata Wakil Ketua Komisi I TB Hasanuddin dalam buku yang ditulisnya berjudul "Arsitektur Keamanan Nasional" yang diluncurkan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/11/2013).

Hasanuddin mengungkapkan cara Adolf Hitlet melakukan serangan intelijen kepada bangsa yang menjadi sasarannya. Dengan didukung oleh Josef Goebbels sebagai menteri propagandanya, Hitler dapat membuat Austria tunduk pada 1939 tanpa menggunakan kekuatan militernya.

"Sekalipun divisi-divisi panser Jerman telah siap menyerbu Austria, andaikata negara itu tidak mau tunduk tanpa perlawanan," ungkapnya.

Selain itu, Hasanuddin juga menuturkan dimana Amerika Serikat dapat menundukkan Uni Soviet dan blok komunis pada tahun 1989 tanpa menggunakan kekuatan militer yang besar di pihaknya maupun Uni Soviet.

Menurut Hasanuddin, dua pengalaman ini menunjukkan betapa bahaya ancaman cara-cara non militer terhadap keamanan negara. Mereka, kata Hasanuddin, dapat melumpuhkan keamanan suatu negara tanpa melakukan perlawanan.

"Mungkin karena itu Bung Karno mengatakan meskipun senjata adalah alat yang amat penting, tetapi senjata itu masih nomor dua jikalau dibandingkan dengan isi hati, elan atau tekad," imbuhnya.

Baca Juga:

Adolf Hitler Pelopor Penggunaan Intelijen Serang Negara Lain

Ahok: Buruh Depok Bekasi Tangerang Ngapain Demo ke Saya?

Dino Bakal Luncurkan Buku "Nasionalisme Unggul : Bukan Hanya Slogan"


http://id.berita.yahoo.com/adolf-hitler-pelopor-penggunaan-intelijen-serang-negara-lain-110709787.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger