PAN Desak KPU Selesaikan DPT Bermasalah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempercepat proses penyelesaian Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2014 bermasalah. Khususnya terkait adanya 10,4 juta pemilih yang bermasalah.

Ketua Bapilu DPP PAN dan Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI Viva Yoga Mauladi, mendesak KPU harus segera menuntaskan DPT bermasalah tersebut secara transparan dan obyektif. Hal ini untuk menghindari terjadinya manipulasi, kecurangan atau tipu daya yang akan muncul akibat DPT bermasalah.

"Tidak harus menunggu menjelang pemilu karena masih banyak yang harus dikerjakan KPU dengan berbagai hambatan yang melingkupinya sampai pelaksanaan pemilu nanti,"ujar Viva Yoga kepada Tribunnews.com, Selasa (5/11/2013).

Karena kata Viva, prinsipnya bahwa permasalahan yang bersifat administrasi jangan sampai menghilangkan hak politik pemilih di pemilu. Di pasal 40 UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD mengatur bahwa DPT dapat dilengkapi dengan daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus.

Selain itu bercermin pada ditemukannya DPT bermasalah, Viva juga meminta agar KPU serius memperbaiki sistem manajemen kerja, terutama koordinasi, integrasi, dan sinergi dengan KPU provinsi, kabupaten dan kota.

Menurutnya, tahapan kerja KPU dalam penyusunan DPT sudah diatur di UU, kemudian KPU merencanakan jadwal. Kerja sesuai pentahapan. jika ada penundaan itu menunjukkan kinerja KPU kurang bagus.

"Seharusnya KPU sudah bisa mengantisipasi kemungkinan kendala yang akan terjadi sehingga tidak ada lagi penundaan," tuturnya.

Lebih lanjut Viva menjelaskan, meskipun KPU sudah bekerja keras, namun perlu ditingkatkan lagi kinerjanya. Karena kualitas pemilu sangat ditentukan oleh penyelenggaranya yang berkualitas dan mandiri.

"Jangan sampai KPU teledor dan rapuh integritasnya untuk menjaga kemandirian dan profesionalitasnya untuk bekerja sesuai Undang-undang. Tidak boleh tersubordinasi oleh kekuasaan politik tertentu," ucapnya.

Baca Juga:

Hanura Nilai Penetapan DPT Dipaksakan Serta Rawan Kecurangan

Demi Hak Konstitusional Warga, KPU Siap Digugat Partai Politik

30 Hari Waktu KPU Perbaiki DPT Bermasalah


http://id.berita.yahoo.com/pan-desak-kpu-selesaikan-dpt-bermasalah-111500118.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger