Polisi Angkuh dan Tidak Profesional Jadi Fenomena Umum

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Eva Kusuma Sundari meminta oknum Brimob penembak petugas keamanan diproses secara hukum. Hal dilakukan sebagai tanggungjawab institusi Polri terhadap disiplin anggotanya.

Namun, Eva melihat polisi yang angkuh dan tidak profesional merupakan fenomena umum. Ia mencontohkan peristiwa pemerkosaan oleh aparat polisi di Gorontalo kepada siswa berumur 14 tahun serta aksi serupa terhadap napi di Jayapura.

"Saya melihat ini fenomena tersebut merupakan ekses-ekses dari keterbatasan dana pada saat keputusan pemenuhan remunerasi dengan mengorbankan program-program pendidikan di internal kepolisian," kata Eva ketika dikonfirmasi, Kamis (7/11/2013).

Eva menjelaskan paket pendidikan untuk bintara yang semula 8 bulan dipangkas menjadi 3 bulan dan langsung bertugas sebagai penegak hukum. Pelatihan untuk pengembangan kapasitas juga dihilangkan.

"Ini berdampak langsung pada profesionalitas aparat yang drop," tuturnya.

Menurut Eva, fenomena pemotongan anggaran itu harus direspon serius oleh Kementerian Keuangan.

"Karena anggaran Polri sudah 70 persen untuk gaji. Jadi satu-satunya jalan keluar ya penambahan dana bagi Polri sehingga cukup dana untuk pendidikan skills dan mental," katanya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, aksi penembakan terjadi, Selasa (5/11/2013) malam di Seribu Ruko Blok L Galaxy Cengkareg Jakarta Barat.

Informasi yang dihimpun Tribunnews.com, penembakan diduga dilakukan oleh anggota Brimob Kepala Dua pangkat Briptu. Sementara korbannya merupakan seorang security. Korban diketahui bernama Bachrudin warga Ciledug Tangerang.

Kejadian berawal saat pelaku diduga tengah mabuk dan marah. Saat itu, korban diperintah push up oleh pelaku, namun korban tidak mau. Akhirnya pelaku menembak dada korban.

Usai menembak, pelaku panik lalu melarikan diri dengan kendaraan roda dua.

Baca Juga:

Polisi Angkuh dan Tidak Profesional Jadi Fenomena Umum

PSM Segera Coret Pemain yang Berkontribusi Kecil

Ratusan Ribu Warga Jawa Barat jadi Pengangguran Terselubung


http://id.berita.yahoo.com/polisi-angkuh-dan-tidak-profesional-jadi-fenomena-umum-024225150.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger